Profil Clay: Mid-Laner RRQ Hoshi yang Jadi MVP di MPL ID Season 9

Deden “Clay” Muhammad adalah pro player Mobile Legends Bang-Bang yang tengah bersinar skena kompetitif Indonesia. Berperan sebagai Mid-laner andalan RRQ Hoshi, Claybersama tim baru saja berhasil mendapatkan gelar MVP di MPL Indonesia Season 9 dan membawa RRQ Hoshi jadi juara,.

Perjalanan Clay mencapai kesuksesannya sebagai pro player MLBB saat ini sebenarnya cukup panjang. Bahkan, debut pertamanya di panggung kompetitif MLBB dulu mendapatkan hasil yang mengenaskan.

Lebih lanjut, berikut biodata, profil, dan perjalanan karir Clayyy sang pro player Mobile Legends Indonesia yang menjadi midlaner RRQ Hoshi:

1. Biodata Clay, Pro Player MLBB, Mid-laner RRQ Hoshi

Clay adalah pro player Mobile Legends yang bertanding membela tim RRQ Hoshi. Role yang ia jalani di dalam tim adalah sebagai Mid-Laner. Pria bernama Deden Muhammad Nurhasan ini berusia 19 tahun dan diketahui bertempat lahir di Bogor, pada tanggal 2 April 2003,

  • Nama : Deden Muhammad Nurhasan
  • IGN : Clay
  • Tanggal lahir : Bogor, 2 April 2003 (19 tahun)
  • Role : Midlaner
  • Team : RRQ Hoshi
  • Media Sosial: @rrq_clayyy (Instagram)

2. Perjalanan Karir Clay di Skena Kompetitif Mobile Legends

Clay sudah menjalani 3 tahun karir sebagai pro player Mobile Legends. Deden Muhammad Nurhasan pernah bermain untuk Saints Indo pada tahun 2019, Genflix Aerowolf pada tahun 2020, dan bermain untuk RRQ Hoshi pada tahun 2021 hingga saat ini

  • Saints Indo (2019)
  • Genflix Aerowolf (2020-2021)
  • RRQ Hoshi (2021-sekarang)

Clay Memulai Karir dari Saints Indo

Clayyy pro player Saints Indo Mobile Legends

Clay mulai dikenal di skena kompetitif MLBB ketika membela Saints Indo bersama Fredo (kini berada di GPX Esports) dan DayLen (pemain sekaligus pemilik Saints Indo).

Saints Indo dikenal sebagai salah satu tim senior di kompetitif Mobile Legends Indonesia saat itu. Mereka berhasil meraih berbagai prestasi seperti menjadi wakil Indonesia di MSC 2017 dan 6 besar di MPL Indonesia Season 2.

Debut Clay bersama Saints Indo terjadi pada MPL Indonesia Season 3. Sayangnya, mereka harus menjadi bulan-bulanan di Regular Season. Saints Indo harus puas berada di peringkat terakhir dengan hanya meraih 3 kemenangan dari 26 laga yang mereka jalani.

Clay Berlaga dengan Genflix Aerowolf di MPL ID Season 4

Clayyy pro player Genflix Aerowolf Mobile Legends

Sempat menghilang selama 1 musim, Clay kembali ke panggung MPL bersama tim Genflix Aerowolf. Sebelumnya, Aerowolf mengalami nasib pahit dengan berada di peringkat terakhir MPL Indonesia Season 4.

Ia sukses membawa Genflix Aerowolf lolos ke playoff MPL Indonesia Season 5 dengan berada di peringkat 6. Ketika babak playoff, Genflix Aerowolf harus pulang lebih awal setelah takluk dari EVOS Legends 0-2.

Nasib yang sama kembali dialami Clay dan Genflix Aerowolf di MPL Indonesia Season 6. Mereka lagi-lagi menjadi tim pertama yang pulang di babak playoff setelah harus mengakui keunggulan Bigetron Alpha.

Aerowolf kembali lolos ke babak playoff ketika MPL Indonesia Season 7. Pencapaian yang lebih baik mereka dapatkan dengan berada di peringkat ketiga. EVOS Legends kembali menghentikan Genflix Aerowolf setelah tumbang 0-2.

Bergabung dengan RRQ Hoshi

Clayyy pro player RRQ Hoshi Mobile Legends

Genflix Aerowolf resmi hengkang dari panggung Mobile Legends Indonesia karena permasalahan finansial. Keputusan tersebut membuat mereka melepas seluruh pemain Mobile Legends mereka.

Beruntung Clay segera menemukan rumah barunya dengan bergabung ke RRQ Hoshi. Ia dipercaya mengisi roster utama RRQ Hoshi sebagai midlaner, menggantikan Psychoo yang merupakan midlaner RRQ Hoshi pada MPL Indonesia Season 7.

Debut Clay bersama RRQ Hoshi berjalan cukup memuaskan, berhasil meraih peringkat kedua MPL Indonesia Season 8. Ketika itu, mereka tunduk dari ONIC Esports di Grand Final dengan skor tipis 3-4.

Clay bersama RRQ Hoshi berhasil mendapatkan pencapaian 4 besar di ONE Esports MPL Invitational 2021. Ketika itu, mereka tunduk di hadapan Blacklist International dengan skor 1-2.

Berkat pencapaian RRQ Hoshi di MPL Indonesia Season 8, mereka mewakili Indonesia di M3 World Championship. Clay juga menjadi salah satu pemain yang turut mengisi roster RRQ Hoshi di M3 MLBB World Championsihp.

RRQ Hoshi tampil menjanjikan di babak grup dan meraih peringkat pertama. Sayangnya mereka terhenti di posisi 6 besar, lagi-lagi takluk oleh Blacklist International dengan skor telak 0-3.

Menjadi MVP MPL Indonesia Season 9

Clayyy pro player Mobile Legends berhasil menjuarai MPL ID Season 9

Meski gagal merengkuh gelar juara, Clay kembali dipercaya sebagai midlaner andalan RRQ Hoshi di MPL Indonesia Season 9.

RRQ Hoshi menunjukkan dominasi mereka di regular season dengan meraih peringkat pertama. Mereka hanya mengalami 2 kali kekalahan selama babak Regular Season.

Ketika babak playoff, RRQ Hoshi tampil sempurna dengan menjadi tim pertama yang melangkah ke babak Grand Final. Mereka menumbangkan EVOS Legends dan ONIC Esports di babak Playoff dengan skor tipis 3-2.

RRQ Hoshi berhasil meraih gelar juara dengan dominan 4-1 dan memegang tahta sebagai raja Galaxy. Clay berhasil meraih gelar MVP berkat permainan cemerlang saat menggunakan Xavier dan Cecilion di babak Grand Final.

Walaupun masih tercatat sebagai roster RRQ Hoshi, tapi masih belum diketahui apakan Clayyy akan turun bertanding di MSC 2022 pada bulan Juni mendatang.

Tetapi melihat performanya cemerlang, sepertinya Clayyy kemungkinan besar akan menjadi Mid-laner utama RRQ Hoshi di MSC 2022.

Siapa yang ngefans banget sama babang Clayyy? Emang Midlaner yang satu ini sih panutan banget ya.

Share artikel ini dan ceritakan kenapa kamu ngefans banget sama babang Clayyy ya!

SUMBER GAMBAR UTAMA: Esports ID

More Stories
Spoiler One Piece 1069: Vegapunk Akan Jadi Nakama Luffy?