7 Fakta Film The Batman Robert Pattinson, Tidak Masuk DCEU?

Dan kabarnya tetap mempertahankan kisah "gelap" dari seorang Batman

The Batman adalah film Batman terbaru besutan Warner Bros. (selanjutnya disingkat WB) dan DC Comics.

Film ini akan menjadi inkarnasi terbaru Batman di mana Bruce Wayne kali ini diperankan oleh Robert Pattinson (The Twilight Saga, The Lighthouse) dan akan rilis pada tanggal 2 Maret nanti.

Nah, bagi kamu yang ingin menonton film The Batman, simak dulu pembahasan 7 fakta The Batman dari kontributor YODU yang satu ini ya.

1. Memiliki 3 Villain yang Pernah Muncul di Film Batman Tahun 90-an

Fakta The Batman pertama adalah, film ini akan menampilkan tiga villain sekaligus. Para villain tersebut adalah The Riddler (diperankan oleh Paul Dano); The Penguin (diperankan oleh Colin Farrel); dan Catwoman (diperankan oleh Zoe Kravitz). Menariknya, semua villain ini pernah muncul di film Batman terdahulu, lho!

The Penguin dan Catwoman pernah muncul bersama-sama di film Batman Returns milik Michael Keaton. Mereka masing-masing diperankan oleh Danny DeVito dan Michelle Pfeiffer. Sementara The Riddler pernah muncul di film Batman Forever milik Val Kilmer.

2. Kisah Origin Villain

Meskipun menampilkan Batman/Bruce Wayne menggunakan aktor yang berbeda, Matt Reeves selaku sutradara film ini mengaku kalau film ini tidak fokus pada kisah origin Batman, melainkan fokus pada kisah origin para villain yang akan muncul di film ini.

Reeves mengatakan kalau Selina Kyle belum menjadi Catwoman dan Penguin belum menjadi ketua grup mafia besar di Gotham.

Reeves mengaku kalau dia ingin membuat The Batman fokus pada sisi detektif Batman, sesuatu yang jarang sekali dijelajahi dalam film-film Batman yang dirilis pada era modern ini. Dia merasa kalau cerita The Batman akan jauh lebih menarik jika fokus pada penyelidikan Batman yang mana nantinya akan tersambung dengan karakter-karakter lain.

3. Merupakan Tahun Kedua Bruce Wayne Sebagai Batman

Melanjutkan fakta bahwa The Batman akan menjadi kisah yang fokus pada origin villain-nya, disebutkan pula oleh Reeves jika dia tidak akan menceritakan kisah Bruce Wayne yang berlatih dan kembali ke Gotham sebagai Batman.

Dalam film ini, Bruce berusia 30 tahun dan dia telah menjadi Batman selama setahun. Film ini akan menceritakan tahun keduanya menjalani profesi sebagai seorang detektif berkostum kelelawar.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan yang menyebabkan Batman terlihat sangat kasar dan brutal di dalam trailer. Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson ini bisa dibilang masih seorang pemula yang belum memiliki banyak pengalaman sebagai seorang superhero.

4. Dua Pemainnya Pernah Muncul di Film Marvel!

Menariknya, dua pemain yang memerankan karakter dalam The Batman ini ternyata pernah muncul di film Marvel, lho! Zoe Kravitz yang memerankan Catwoman pernah muncul di X-Men: First Class sebagai Angel Salvadore dan Jeffrey Wright yang memerankan James Gordon pernah muncul sebagai pengisi suara The Watcher dalam serial animasi What If…?

Zoe Kravitz dan Jeffrey Wright menjadi dua individu baru yang masuk dalam daftar aktor dan aktris yang pernah membintangi film Marvel dan DC. Haha!

5. Rating PG-13, Setting Tahun 2019

Meskipun trailer yang beredar sampai saat tulisan ini dibuat memperlihatkan kesan yang gelap dan gloomy disertai adegan yang brutal, tetapi ternyata film The Batman ini memiliki rating PG-13, lho! Ini artinya film ini aman untuk dikonsumsi anak-anak berumur 13 tahun ke atas tetapi tetap diawasi oleh orang tua.

Selain itu, menariknya, meskipun terlihat seperti memiliki setting jadul, tetapi film ini ternyata mengambil setting di tahun 2019, lho!

6. Alasan Tidak Termasuk dalam DCEU

Pada awalnya, The Batman ini sebenarnya akan dibuat sebagai proyek film solo Batman Ben Affleck.

Akan tetapi, saat Matt Reeves ditunjuk sebagai sutradara, Reeves mengatakan kalau dia ingin menelusuri sisi detektif Batman dan sepak terjangnya di tahun-tahun awal sebagai Batman.

Pada akhirnya, Affleck meninggalkan proyek ini dan ditunjuklah Robert Pattinson sebagai penggantinya.

Dalam prosesnya tersebut, Reeves kemudian mengambil keputusan bahwa film ini akan benar-benar terpisah dengan DCEU—sebagaimana film Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix.

Reeves menyebutkan bahwa keputusan ini diambil karena hal terpenting ketika membuat film ini adalah memberikan sentuhan personal ke dalamnya yang menghubungkan film ini dengan penonton.

Reeves merasa kalau menyambungkan film ini dengan DCEU akan membuat tujuannya tersebut sulit untuk terealisasi. WB selaku studio yang menangani franchise ini mendukung hal tersebut karena mereka ingin menjelajahi karakter yang mereka miliki dari berbagai macam sudut pandang.

7. Komik-Komik Batman yang Menginspirasi

Film ini mengambil beberapa elemen dari komik-komik Batman yang pernah rilis. Beberapa komik tersebut antara lain: Penguin: Pain and Prejudice yang menceritakan kisah origin The Penguin; dan Batman: Earth One yang merupakan kisah Batman di semesta lain di mana Penguin dalam film The Batman sangat mirip dengan Penguin dalam komik ini.

Oh, tidak lupa, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai The Riddler dalam film ini, kamu bisa mulai membaca Batman: Arkham – The Riddler. Buku ini merupakan kompilasi komik yang fokus pada karakter The Riddler.

Kurang lebih, itulah tadi beberapa fakta The Batman diperankan Robert Pattinson yang perlu kamu ketahui sebelum nonton filmnya.

The Batman akan rilis di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2022 mendatang. Apakah kamu tertarik untuk menonton filmnya? Share artikel ini dan tuliskan pendapatmu ya!

More Stories
MAJAMOJO Luncurkan Boxing Star: KO Master dan Gerakan #HidupkanTinjuIndonesia