7 Fakta Shinji Hirako Bleach: Pernah Jadi Shinigami Aizen?

shinji hirako bleach

Shinji Hirako adalah salah satu karakter terpopuler dalam Bleach, karena karakternya yang bersifat komikal.

Tingkah laku karakter ini selalu mengundang tawa, walau tetap memiliki momen-momen keren tersendiri ketika bertarung—terutama seperti ketika bertarung dengan Aizen atau Bambietta.

Selain itu, Shiji Hirako tentunya punya fakta-fakta menarik-yang mungkin terlewatkan oleh sebagian besar fans Bleach.

Apa sajakah itu? Simak pembahasan 7 fakta Shinji Hirako dari kontributor YODU berikut ini:

1. Shinji Hirako Pernah Jadi Shinigami dan Jadi Atasan Aizen Sousuke

Karakter ini diperkenalkan untuk pertama kalinya sebagai anggota Visored, kelompok Shinigami yang mendapatkan kekuatan Hollow. Ia menjadi salah satu karakter penting yang melatih Ichigo mengendalikan kekuatan hollow-nya.

Selain melatih Ichigo, dia juga diperlihatkan sebagai salah satu petarung yang sangat kuat—bahkan bisa menghajar Grimmjow (Espada no 6 saat itu) dengan relatif mudah.

Rupanya kemampuan Shinji ini berhubungan dengan masa lalunya, karena dia adalah kapten Shinigami.

Ya, Shinji dulunya adalah kapten Divisi 5 sebelum Aizen menjabat di sana. Menariknya lagi, Shinji adalah kapten yang menjadi atasan Aizen saat itu! Aizen sendiri adalah wakil kapten Shinji saat itu.

2. Menyadari Rencana Aizen

Meskipun dia memiliki sifat yang cenderung malas dan komikal, tetapi Shinji merupakan salah satu karakter yang sensitif. Dia adalah satu di antara sedikit orang yang menyadari kalau Aizen merencanakan sesuatu.

Oleh karena itu, dia mengakui bahwa dia memilih Aizen sebagai wakil komandannya agar dia bisa mengawasi gerak-gerik Aizen dan menangkap basah rencananya.

Sayangnya, yang dia lawan adalah Aizen—salah satu karakter terkuat dan tercerdas di Bleach. Meskipun sudah waspada, pada akhirnya Shinji tetap terperangkap rencana Aizen. Dia pun secara paksa mendapatkan hollowfikasi, menjadi Visored, dan ditendang dari Soul Society.

3. Pemimpin para Visored

Setelah Shinji keluar dari Soul Society gara-gara jadi korban hollowfikasi Aizen, Shinji membentuk kelompok Visored. Kelompok ini sendiri bukanlah kelompok formal.

Oleh karena itu, seluruh anggotanya memiliki kedudukan setara. Meskipun begitu, karena kharisma, pengetahuan, dan kecerdikan yang dimiliki, Shinji dianggap sebagai sosok pemimpin Visored oleh anggota yang lain. Semua hal yang dilakukan oleh Visored pun merupakan keputusan dan permintaan dari Shinji.

Bahkan setelah Aizen dikalahkan dan Shinji kembali menjabat sebagai kapten Divisi 5, para anggota Visored yang lain masih menghormati dan menuruti permintaan Shinji.

4. Shinji Hirako Sempat Muncul Sekilas di Chapter Awal Bleach

Menariknya, meskipun diperkenalkan di pertengahan kisah Bleach,tetapi Shinji pernah muncul di chapter pertama Bleach, lho!

Dia muncul di salah satu halaman yang menunjukkan karakter-karakter utama Bleach. Menariknya lagi, Shinji versi awal ini pernah masuk ke dalam voting karakter terpopuler Bleach dan menduduki peringkat ke-103—cukup jauh dengan karakter Shinji sekarang yang menduduki peringkat ke-15.

5. Kenal dengan Anggota Divisi 0

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Shinji merupakan salah satu kapten “lama” di Gotei 13.

Hal ini membuatnya menjadi salah satu Shinigami yang memiliki banyak kenalan—termasuk salah satu anggota Divisi 0—atau Royal Guard.

Berbeda dengan sebagian besar kapten lain yang sama sekali tidak mengenal anggota Divisi 0 ketika pertama kali mereka tiba di Soul Society, Shinji langsung mengenal Kirio Hikifune yang dulunya adalah kapten Divisi 12 yang satu angkatan dengannya.

6. Kekuatan Shikai-nya Terus Berkembang

Shinji memiliki salah satu Zanpakutou paling menarik di antara semua karakter Shinigami lainnya. Nama Shikai Zanpakutou-nya adalah Sakanade dan memiliki kekuatan untuk mengacaukan persepsi arah milik lawannya.

Lawan akan merasakan disorientasi karena semua arah, baik kanan-kiri-depan-belakang-bawah-atas diputar balik oleh Shinji. Tidak hanya itu, arah serangan dan luka yang diterima lawan juga akan terbalik.

Hal ini sangat menyulitkan lawan, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa bertarung. Dalam novel yang berjudul Bleach: Can’t Fear Your Own World, kekuatan Shikai Shinji terus berkembang.

Tidak hanya arah yang dibaliknya, tetapi kata-kata yang dikeluarkan juga bisa dibalik. Terlebih lagi, Shinji masih mengembangkan hingga Sakanade bisa memutar balikkan persepsi suhu musuh antara panas dan dingin.

7. Bankai Shinji Hirako Enggak Guna! (Kalau Satu Lawan Satu)

Sebagai seorang kapten, sudah selayaknya Shinji memiliki bankai.

Akan tetapi, bankai milik Shinji sama sekali tidak diperlihatkan dalam manga Bleach. Bankai miliknya baru diperlihatkan di novel Bleach: Can’t Fear Your Own World.

Nama bankai milik Shinji adalah Sakashima Yokoshima Happofusagi (Reversed Evil Eight Treasure Blockade).

Bankai tersebut mengubah Zanpakutou menjadi tongkat dengan cincin di ujungnya dan sesuatu berbentuk seperti bunga-bunga yang melindungi Shinji yang berdiri di tengah-tengahnya.

Efeknya bersifat area, dapat mempengaruhi siapapun di sekitarnya—tidak peduli itu kawan atau lawan. Mereka yang terkena efek bankai akan kacau pikirannya (kecuali Shinji), jadi saling serang satu sama lain.

Shinji sendiri mengaku kalau kekuatan Bankai-nya tidak efektif jika digunakan ketika ada kawan di dekatnya atau digunakan ketika bertarung satu lawan satu.

Yah, bisa dibilang bankai-nya tidak terlalu berguna untuk segala sesuatu seperti shikai miliknya.

Begitulah fakta-fakta Shinji Hirako, salah satu karakter anime Bleach yang jadi favorit para fans.

Ternyata, di balik kekonyolannya, karakter ini juga punya sisi serius yang menampilkan kecerdasannya ya!

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit