5 Hal yang Perlu Diketahui Fans Esports MLBB Dari Laga MPL Invitational 2021

Setelah pertarungan MPL Indonesia Season 8 selesai, kini turnamen esports papan atas MLBB kembali hadir. Turnamen yang hadir kali ini adalah MPL Invitational 2021.

Turnamen MPL Invitational berlangsung dari 2-7 November 2021, mempertemukan 20 tim Asia Tenggara, dan memperebutkan total hadiah 100 ribu dollar AS (setara 1,4 miliar Rupiah).

Pembagian bracket telah berlangsung 31 November lalu dan menghasilkan beberapa kejutan!

Sebelum mulai menyaksikan pertandingan tersebut, mari kita simak dulu rangkuman beberapa hal seputar MPL Invitational 2021 berikut ini!

1. Diikuti Semua Tim MPL Indonesia

Berbeda dengan negara lain, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mengirimkan seluruh tim MPL Indonesia.

Filipina hanya mengirimkan 6 tim, Malaysia hanya diikuti oleh 3 tim, Singapura hanya 2 tim, dan Kamboja yang diikuti oleh SeeYouSoon yang juga juara MPL KH Season 1.

Hal tersebut terbilang jad cukup wajar, mengingat posisi Indonesia sebagai negara dengan jumlah fans esports MLBB paling banyak.

2. Format Turnamen yang Berbeda

Berbeda dari turnamen Mobile Legends lain, MPL Invitational 2021 memakai format Captain Draft. Karena format tersebut, juara MPL dari Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura langsung lolos ke perempat final.

Selain itu, format tersebut juga membuat mereka berhak memilih lawan yang akan mereka hadapi di bracket turnamen. Pemilihan dilakukan secara bergantian sampai semua tim selesai dipilih.

3. Perang Saudara Antar Organisasi Esports

Dengan format tersebut, 4 tim juara MPL memiliki keuntungan terhadap tim yang akan dihadapi di bracket masing-masing.

Akhirnya, perang saudara sesama organisasi esports pun tak terhindarkan. Ada pertemuan Resurgence SG dengan Resurgence PH di babak pertama, juga AURA Fire melawan melawan Echo yang sebelumnya merupakan AURA PH.

4. El Clasico MPL Indonesia di Awal Bracket

Pertarungan paling ditunggu dan dinanti terjadi di bracket Team SMG yang mempertemukan EVOS Legends melawan RRQ Hoshi.

Menariknya pertemuan ini langsung terjadi di babak pertama! Kedua tim sama-sama datang dengan tim yang berbeda dari playoff MPL Indonesia Season 8.

EVOS Legends bertanding tanpa Ferxiic, digantikan oleh Tazz dan Fallah. Sedangkan RRQ Hoshi bertanding tanpa Xinn dan Clayy, digantikan Psychoo, Liam, dan Skylar.

5. Ajang Pemanasan Sebelum M3

Kehadiran MPL Invitational 2021 juga menjadi laga pengukur kekuatan bagi tim yang mengikuti M3 World Championship. Tidak heran, ada juga tim yang masih mencari komposisi tim terbaik seperti RRQ Hoshi.

Meski begitu, beberapa juga hadir dengan roster yang sama, contohnya adalah ONIC Esports, Blacklist International, dan EVOS SG.

MPL Invitational 2021 akan disiarkan secara langsung di channel YouTube ONE Esports. Menurut tebakan kamu, siapa yang bakal jadi juara MPL Invitational 2021?

More Stories
10 Fakta Byakuya Kuchiki Bleach: Calon Kapten Komandan Selanjutnya!?